Senin, 19 April 2010

IPKIN

IPKIN
Sekitar tahun 1976 pengguna komputer masih cukup langka, sehingga secara nasional dibentuklah Ikatan Pemakai Komputer Indonesia (IPKIN). Personil Pusdatin yang tergabung dalam IPKIN sering berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seminar ataupun pertemuan ilmiah lainnya secara periodik. Keterlibatan Pusdatin bukan hanya sebagai anggota saja tetapi juga sebagai pengurus.

Kegiatan IPKIN tersebut antara lain konperensi Komputer Asia Tenggara (South East Asia Regional Computer Coference / SEARCC) pada tahun 1980 di Jakarta. Selanjutnya Konferensi Komputer Nasional (KKN) diadakan 2 tahun sekali, dimana saat itu Kapullahta Komputer Nasional tahun 1982 di Hotel Hilton Jakarta. Kemudian pada tahun 1984 Laksma TNI Ir. Djafar Basri di tunjuk sebagai ketua SEARCC selama hampir 8 tahun.

Organisasi ikatan pengguna komputer Indonesia yang di kenal dengan sebutan IPKIN berdiri sejak tahun 1974. Dengan berjalannya waktu organisai ini berganti nama menjadi ikatan profesi computer dan informatika Indonesia

Dalam perjalanannya kegiatan yang sudah di lakukan oleh IPKIN diantaranya :
1. Melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah meliputi seminar, diskusi dan pendidikan mengenai komputer dan informatika
2. Meluncurkan buku jurnal profesi
3. Mengadakan kerja sama dengan organisasi dibidangnya
4. Membuka usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan AD/ART

Keanggotaan IPKIN meliputi :

1. Anggota IPKIN terdiri dari berberapa golongan, anggota ini digolongkan berdasarkan kriteria tersendiri. Berikut adalah keanggotaan dari IPKIN :
2. Anggota Biasa (Pendidikan Formal/Non Formal)
3. Anggota Muda (Hobi)
4. Anggota Kehormatan
5. Anggota Perusahaan

Organisasi Profesi Komputer Lain Yang Ada di Indonesia bukan hanya IPKIN organisasi profesi komputer yang ada di Indonesia. Tetapi ada beberapa organisasi profesi komputer lain yang ada, berikut adalah organisasi profesi komputer lain yang berada di Indonesia diantaranya:

1. Indonesia Internet Society
2. KIOSS (Out Sourcing)
3. Kesini (Jaringan)
4. Komunitas Postnuke Indonesia (PHP)
5. Delphi Indonesia
6. Indonesia Cisco Study Group
7. Programmer Online
8. Toekang Web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar